Jmbn Xp

Kumpulan Trik Internet Gratis,Inject Telkomsel,Inject Indosat,Inject Smartfren,Internet Gratis All Operator,

Komponen Komponen Dalam Motherboard beserta fungsinya

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).
Sedangkan Fungsi motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.
Langung saja Berikut adalah Komponen-komponen dalam motherboard :
Komponen Komponen Dalam Motherboard beserta fungsinya


Keterangan :


  1. Port Firewire untuk mendukung 800MB/s untuk transfer kecepatan tinggi untuk kamera video eksternal dan disk drive eksternal.
  2. PCI x1 berfungsi untuk menempatkan aksesoris seperti TV tunner
  3. PCI express x16 berfungsi untuk menempatkan kartu grafik/ VGA card agar dapat menghasilkan output yang berkualitas tinggi
  4. Port Audio biasanya sudah terintegrasi pada setiap motherboard berfungsi untuk menghubungkan speaker
  5. Soket Processor adalah tempat terpasangnya processor/CPU (otak dari komputer) yang sering disebut dengan Central Processing Unit
  6.  Fan Hearders berfungsi sebagai penyedia tegangan untuk kipas processor, karena processor adalah otak dari komputer dan mudah panas maka kipas atau fan sangat diperlukan untuk mendinginkan processor. fan headres ini biasaya terdiri dari 3 pin, 2 pin untuk tegangan dan pin yang ke 3 biasanya agar BIOS dapat mengontrol kecepatan dari fan
  7. Soket RAM memiliki fungsi untuk menempatkan RAM, dimana fungsi RAM disini adalah jembatan antara processor dengan HDD soket RAM ini biasanya ada 2 jadi dapat memasang 2 keping RAM dalam satu motherboard
  8. Soket ATX power berfungsi untuk menghubungkan konektor power dari power supply dengan motherboard, sehingga motherboard mendapatkan tegangan
  9. Serial ATA (SATA): SATA memiliki banyak keunggulan termasuk ramping, kabel fleksibel dan link serial sederhana. Semua motherboard saat ini memiliki dukungan SATA untuk hard drive terbaru serta drive optik. (Motherboard saat ini biasanya terpasang 2 atau 4 soket)
  10. Header USB: Jumlah port USB pada komputer hanya dapat diakses menggunakan USB header internal. Setiap USB header internal dapat mendukung dua port USB tambahan dengan kecepatan penuh.
  11. IDE: Ini adalah soket di mana ATA100/133 hard drive dan drive CD atau DVD optik terhubung jika komponen tersebut adalah tipe IDE.
  12. Slot PCI: Ini adalah slot ekspansi di mana berbagai kartu plug in, pada soket ini dapat dipasang beberapa kartu ekspansi seperti kartu modem, kartu jaringan dan lain-lain ke komputer.
  13. Slot AGP: The Accelerated Graphics Port adalah kecepatan tinggi point-to-point saluran untuk melampirkan kartu grafis terutama untuk membantu dalam percepatan grafik komputer 3D. Sejak tahun 2004, AGP dihapus  dan digantikan dengan soket PCI Express (PCIe).
  14. BIOS : Merupakan memory permanen tempat tersimpannya data penanggalan serta pengaturan dari komponen komputer.
  15. Chipset : Merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan daya dan transfer dapat pada soket maupun port yang terpasang pada motherboard.
  16. CMOS Baterai: Baterai ini digunakan untuk mempertahankan memori dari chip CMOS yang berisi hal-hal seperti tanggal, waktu, jenis perangkat keras dan pengaturan lainnya khusus untuk komputer ini.
Tata letak dari setiap-setiap motherboard berbeda-beda sesuai dengan pabrik dimana motherboard dibuat, jadi apabila sahabat sekalian ingin merakit komputer haruslah mempelajari tata letaknya agar tidak salah dalam memasang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi dengan judul Komponen Komponen Dalam Motherboard beserta fungsinya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://jmbnxp.blogspot.com/2018/04/komponen-komponen-dalam-motherboard.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: jack - Tuesday, April 24, 2018